How To Use

Pengkarir


Berkarir dilengkapi dengan 3 metode untuk daftar pengguna yaitu menggunakan :

  1. E-mail
  • Tekan Tombol “Buat Akun
  • Isi data pengguna akun dengan lengkap, lalu tekan tombol “Buat Akun

Penting : Jika ingin mendaftar menggunakan akun @gmail.com sangat disarankan daftar menggunakan “Google”.

  1. Google
  • Jika menggunakan beberapa akun Google pada perangkat anda, secara otomatis anda dapat memilih akun yang anda akan daftarkan.

Penting : Daftar menggunakan akun Google anda dengan ini kami secara otomatis akan mengambil alamat Gmail anda.

  1. Facebook

Penting : Jika anda akan mendaftar akun menggunakan akun Facebook anda, sangat disarankan anda telah mendaftarkan E-mail pada akun Facebook anda.

Sebelum mendaftar kan diri, anda diharuskan menyetujui dengan “Ketentuan penggunaan” (anda dapat melihat halaman Ketentuan penggunaan dengan menyentuh kalimat “Ketentuan penggunaan” berwarna biru) dan “Kebijakan pribadi” (anda dapat melihat halaman Kebijakan pribadi dengan menyentuh kalimat “Kebijakan pribadi” berwarna biru) pada layanan Berkarir dengan  mencentang “Saya setuju dengan Ketentuan penggunaan dan Kebijakan pribadi Berkarir”.

Setelah melakukan “Buat Akun”, selanjutnya dapat “Masuk Akun” kembali menggunakan metode yang sama pada saat melakukan “Buat Akun” :

  1. E-mail
  • Isikan “E-mail/Nomor Ponsel/Username” dan “Kata Sandi” yang anda buat pada saat “Buat Akun
  • Tekan Tombol “Masuk

Penting : Jika lupa dengan “Kata Sandi” dapat mengatur ulang yang akan dijelaskan pada cara penggunaa fitur “Lupa Kata Sandi” pada modul berikutnya.

  1. Google
  • Jika menggunakan beberapa akun Google pada perangkat anda, secara otomatis anda dapat memilih akun yang anda akan daftarkan.

Penting : Masuk menggunakan akun Google anda dengan ini kami secara otomatis akan mengambil alamat Gmail anda.

  1. Facebook

Penting : Masuk menggunakan akun Facebook anda, sangat disarankan anda telah mendaftarkan E-mail pada akun Facebook anda.

Sebelum masuk akun, anda diharuskan menyetujui dengan “Ketentuan penggunaan” (anda dapat melihat halaman Ketentuan penggunaan dengan menyentuh kalimat “Ketentuan penggunaan” berwarna biru) dan “Kebijakan pribadi” (anda dapat melihat halaman Kebijakan pribadi dengan menyentuh kalimat “Kebijakan pribadi” berwarna biru) pada layanan Berkarir dengan  mencentang “Saya setuju dengan Ketentuan penggunaan dan Kebijakan pribadi Berkarir”.

Kami sangat menyarankan untuk anda mengingat atau jika diperlukan menyimpan “Kata sandi” anda demi kenyamanan penggunaan. Tetapi jika anda lupa dengan “Kata sandi” anda, kami menyediakan fitur “Lupa kata sandi”.

Untuk menggunakan fitur “Lupa kata sandi” anda harus memasukan E-mail anda. Silahkan ikuti langkah berikut :

  • Pada Halaman “Masuk” menggunakan “E-mail”, tekan tulisan “Lupa kata sandi anda?”
  • Isikan “E-mail” yang anda gunakan pada saat anda “Buat akun
  • Tekan tombol “Atur ulang kata sandi”, lalu kami akan mengirimkan link kepada E-mail anda untuk mengganti “Kata sandi” lama anda dengan yang baru
  • Pada E-mail anda klik link yang tersedia
  • Setelah anda tekan, link tersebut akan membawa anda ke formulir untuk mengisikan “Kata sandi” baru anda
  • Masukan “Kata sandi” baru anda dengan format harus mengandung Huruf Kecil, Huruf Besar, dan Angka.
  • Jika berhasil, akan ada pesan seperti ini, selanjutnya silahkan “Masuk” kembali dengan menggunakan “Kata sandi” baru anda.

Penting : Jika anda lupa Email anda adan atau lupa kata sandi Email anda, silahkan hubungi “Contact Center” Berkarir yang tertera di www.berkarir.co.id/contact.

Jika anda ingin menyaring pelamar sesuai keinginan anda berdasarkan “Minat posisi” pelamar dan atau “Wilayah” Provinsi domisili pelamar maka anda dapat menggunakan fitur “Saring pelamar”.

Silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk “Saring pelamar” :

      • Pada halaman utama, tekan tombol “Menu” pada pojok kiri atas.

      • Lalu akan terlihat daftar “Menu”, silahkan tekan tombol menu “Saring pelamar”

      • Anda akan masuk ke halaman “Saring pelamar”, lalu pilih apa yang akan anda saring dengan memilih “Posisi” dan atau “Wilayah”

      • Setelah memilih “Posisi” dan atau “Wilayah”, silahkan tekan tombol “Simpan”

      • Anda akan langsung kembali ke halaman “Beranda” dengan data “Pelamar tersedia” berdasarkan “Saring pelamar” yang sudah anda tentukan

      • Penting : Jika data “Pekerjaan tersedia” tidak ditemukan seperti dibawah ini, silahkan kembali ke fitur “Saring pekerjaan” lalu tekan tombol “Atur ulang”

 

Jika anda ingin menyimpan pelamar yang mungkin saat ini anda tertarik dengan kepribadiannya, anda dapat menyimpannya terlebih dahulu menggunakan fitur “Simpan pelamar”. Silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk “Simpan pelamar” :

  • Pada halaman utama, tekan tombol berbentuk “Bintang” kosong”
  • Setlah ditekan tombol berbentuk “Bintang kosong” tersebut akan berubah menjadi tombol berbentuk “Bintang” terisi yang menandakan bahwa pelamar ini telah tersimpan
  • Anda dapat melihat “Pelamar tersimpan” dengan menekan tombol “Menu” pada halaman utama pojok kiri atas
  •  Anda akan melihat daftar “Menu” lalu tekan tombol bertuliskan “Pelamar tersimpan”
  • Setelah ditekan, anda akan ke halaman “Pelamar tersimpan” dimana daftar pekerjaan mana saja yang anda simpan.

Terkadang ada saja pelamar yang mungkin kurang memiliki etika dan atau sopan santun yang memungkinkan pihak perusahaan sama sekali tidak tertarik dengan pelamar tersebut. Jika terjadi seperti itu, pihak perusahaan dapat memanfaatkan fitur “Blok pelamar”. Fitur ini memiliki 2 fungsi yaitu:

  • Blok pelamar dari pekerjaan tertentu pada perusahaan anda

  • Blok pelamar dari seluruh pekerjaan pada perusahaan anda

Silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk menggunakan fitur “Blok pelamar” :

    1. Berikut langkah untuk memblokir pelamar dari pekerjaan tertentu

      Penting : Fitur ini hanya dapat digunakan jika pelamar yang dimaksud telah melamar pada pekerjaan yang akan anda “Blok pelamar”

       
      • Asumsikan pelamar sudah melamar pada pekerjaan anda, lalu lihat pada “Daftar pelamar” (Anda dapat melihat langkah ini pada “Daftar pelamar”)

      • Atau anda dapat menekan pada pelamar tersebut yang akan membawa anda ke halaman “Rincian pelamar”

      • Selanjutnya anda dapat tekan tombol berbentuk “Orang dengan tanda dilarang garis polos” disamping tombol berbentuk “Bintang polos”, lalu akan muncul peringatan “Blok untuk semua pekerjaan pada perusahaan” dan “Blok hanya pada pekerjaan ini”

      • Selanjutnya tekan “Blok hanya pada pekerjaan ini”. Sampai disini anda telah memblok pelamar tersebut. 

      • Untuk melihat data “Pelamar terblokir” pada pekerjaan tertentu, silhakan pilih pekerjaan yang anda maksud. Lalu tekan tombol “1 pelamar terblokir”

      • Anda akan masuk ke halaman daftar “Pelamar terblokir”, lalu silhakan tekan tombol berbentuk “ Orang dengan tanda dilarang biru penuhdisamping tombol berbentuk “Bintang garis polos”

    1. Berikut langkah untuk memblokir pelamar dari seluruh pekerjaan perusahaan anda

      • Anda dapat memblokir pelamar dari seluruh pekerjaan pada perusahaan anda dengan melalui halaman “Beranda”, “Rincian pelamar”, dan “Daftar pelamar”. Pada setiap halaman tersebut memiliki tombol berbentuk “Orang dengan tanda dilarang garis polos”.

      • Untuk melihat daftar “Pelamar terblokir” silahkan anda menuju halaman “Utama”

      • Pada halaman “Utama”, tekan tombol “Menu” di pojok kiri atas

      • Anda akan melihat daftar “Menu” lalu tekan tombol bertuliskan “Pelamar terblokir

      • Anda akan masuk pada halaman “Pelamar terblokir” dan di halam inilah daftar pelamar yang telah anda blok

 

Berkarir menyediakan 2 bahasa aplikasi yaitu “Indonesia” dan “English”. Juga Berkarir menyediakan fitur untuk pengingat rekomendasi pekerjaan harian yang cocok dengan anda.

Untuk mengaktifkannya keduafitur ini, silahkan ikutin langkah dibawah ini :

  1. Mengganti Bahasa aplikasi
  • Pada halaman utama, tekan tombol “Menu” pada pojok kiri atas
  • Anda akan melihat daftar “Menu” lalu tekan tombol bertuliskan “Pengaturan
  • Anda akan masuk pada halaman “Pengaturan”, lalu klik pada baris “Bahasa
  • Silahkan pilih bahasa yang akan anda gunakan pada aplikasi Berkarir
  • Setelah memilih “Bahasa” akan muncul tombol “Simpan” dibawah baris “Bahasa”, silahkan tekan tombol “Simpan” untuk melakukan perubahan “Bahasa” sesuai dengan yang anda pilih
  1. Mengaktifkan atau Menonaktifkan fitur pemberitahuan rekomendasi pekerjaan
  • Masih pada halaman “Pengaturan”, dibawah baris tulisan “Umum” ada baris tulisan “Pemberitahuan
  • Untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya silahkan tekan atau geser slider “Pemberitahuan rekomendasi pekerjaan harian

Perlu diketahui bahwa fitur “Membuat pekerjaan” adalah fitur utama dari layanan Berkarir, maka dari itu kami membuat beberapa peraturan yang harus diikuti jika anda hendak membuat pekerjaan baru yaitu anda diwajibkan mengisi “Data perusahaan” terlebih dahulu dan mengunggah “Logo perusahaan” anda yang akan dijelaskan dibawah ini :

    1. Pesan pringatan pada saat akan membuat pekerjaan baru

      • Jika anda belum mengunggah “Logo perusahaan” anda akan muncul peringatan seperti ini

      • Jika anda belum mengisi “Data perusahaan” anda akan muncul peringatan seperti ini

    1.  Setelah “Data perusahaan” lengkap dan sudah mengunggah “Logo perusahaan” anda akan dapat membuat pekerjaan baru dengan mengikuti langkah berikut ini

      •  Pada halaman “Utama” anda dapat menekan tombol berbentuk “Catatan”

      •  Setelah itu anda akan masuk ke halaman “Pekerjaan saya”, lalu untuk membuat “Pekerjaan baru” silahkan tekan kembali tombol bulat berbentuk “Koper”

      •  Yang nantinya anda akan masuk ke halaman “Buat pekerjaan”, silahkan anda mengisi data sesuai dengan keterangan yang sudah tersedia lalu tekan tombol bertuliskan “Terbitkan” untuk menerbitkan “Pekerjaan baru”

 

Obrolan” atau yang biasa kita sebut chatting adalah salah satu fitur unggulan Berkarir dimana jika anda memiliki pertanyaan – pertanyaan kecil tentang perusahaan atau persiapan wawancara anda dapat langsung mempertanyakannya melalui “Obrolan”.

Untuk menggunakan fitur ini anda diwajibkan mngisi data diri terlebih dahulu, mulai dari data Pribadi utama, data kelebihan dan kekurangan minimal masing – masing tiga, dan mengunggah foto profil anda

  1. Berikut adalah peringatan yang akan keluar jika anda belum memenuhi syarat untuk menggunakan fitur “Obrolan
  • Anda belum mengisi data “Pribadi” pada halaman “Ubah Data”, silahkan tekan tombol lengkapi untuk melengkapi
  • Anda belum mengisi data “Foto Profil” pada halaman “Akun”, silahkan tekan tombol lengkapi untuk melengkapi
  • Anda belum mengisi data “Kelebihan & Kekuarang” minimal masing - masing tiga data pada halaman “Ubah Data”, silahkan tekan tombol lengkapi untuk melengkapi
  • Setalah semua biodata pengguna terlengkapi pilih tompbol “Simpan
  1. Setelah anda melengkapi syarat kelengkapan data diatas, maka anda dapat menekan menggunakan fitur “Obrolan
  • Pada halaman utama silahkan pilih “Pekerjaan tersedia” lalu pada “Detail pekerjaan” anda dapat menekan tombol berbentuk “Obrolan” di bawah pojok kanan
  • Setelah menekan tombol tersebut anda akan pindah ke halaman “Ruang Obrolan” dengan perusahaan tersebut.
  • Jangan lupa untuk memberi salah terlebih dahulu, lalu tekan tombol panah ke arah kanan dipojok kanan bawah setelah anda selesai mengetik

“Pekerjaan saya adalah tempat dimana pekerjaan yang telah anda “Terbitkan”, terdapat 3 tab pada halaman ini, yaitu “Pekerjaan aktif”, “Pekerjaan Nonaktif”, dan “Pekerjaan kadaluwarsa”. Penjelasan singkat untuk 3 tab berikut ini:

  • “Pekerjaan aktif” adalah pekerjaan yang telah anda terbitkan dan berstatus “Aktif” yang menandakan pekerjaan ini dapat terlihat oleh pelamar.

  • “Pekerjaan nonaktif” adalah pekerjaan yang secara sengaja anda nonaktifkan melalui “Rincian pekerjaan” dan berstatus “Nonaktif” yang menandakan pekerjaan ini tidak dapat terlihat oleh pelamar.

  • “Pekerjaan kadaluwarsa” adalah pekerjaan yang sudah melawati masa aktif nya sesaui tanggal “Tutup” saat pertama anda menerbitkan pekerjaan tersebut yang menandakan pekerjaan ini tidak dapat terlihat oleh pelamar.

    Untuk menggunakan fitur ini silahkan ikuti langkah dibawah ini :

    1. Untuk melihat daftar “Pekerjaan aktif”

      •  Pada halaman “Utama” silahkan anda menekan tombol “Pekerjaan” yang berada di bawah logo berbentuk “Catatan”

      • Lalu anda akan langsung berada pada tab pertama yaitu tab “Pekerjaan aktif” 

    2. Untuk melihat daftar “Pekerjaan nonaktif

      • Dari tab “Pekerjaan aktif” anda dapat menggeser ke kiri menuju tab “Pekerjaan nonaktif”

    3. Untuk melihat daftar “Pekerjaan kadaluwarsa ”

      • Dari tab “Pekerjaan nonaktif” anda dapat menggeser ke kiri menuju tab “Pekerjaan kadaluwarsa”

 

Jika anda salah dalam memasukan data pada pekerjaan yang terlanjur sudah anda “Terbitkan”, maka pekerjaan yang sudah dibuat itu tidak dapat dihapus atau dirubah. Maka solusinya adalah “Nonaktifkan pekerjaan” tersebut dengan cara mengikuti langkah dibawah ini :

      • Pada halaman “Utama” silahkan anda menekan tombol “Pekerjaan” yang berada di bawah logo berbentuk “Catatan”

      • Lalu anda akan langsung berada pada tab pertama yaitu tab “Pekerjaan aktif”, pada tab ini silahkan anda pilih pekerjaan mana yang akan anda “Nonaktifkan pekerjaan”

      • Setelah memilih pekerjaan, anda akan masuk ke halaman “Rincian pekerjaan”. Pada halaman inilah anda dapat “Nonaktifkan pekerjaan”, silahkan tekan atau geser slider bertuliskan “Pekerjaan aktif”

      • Setelah tulisan berganti menjadi “Pekerjaan nonaktif”, secara otomatis pekerjaan tersebut masuk ke dalam tab “Pekerjaan nonaktif”

Proses “Undang pelamar” atau “Menolak pelamar” adalah proses inti dari proses rekrut pekerja. Untuk menggunakan fitur ini silahkan ikuti langkah berikut ini :

    1. Untuk “Undang pelamar” ke tahap wawancara, asumsikan anda telah memilki 1 orang pelamar

      • Dari halaman “Rincian pekerjaan” silahkan anda tekan tombol bertuliskan “1 Pelamar yang melamar pada pekerjaan ini”

      • Lalu anda akan langsung masuk ke halaman “Daftar pelamar”, silahkan pilih pelamar yang akan anda undang

      • Setelah memilih pelamar, anda akan masuk ke halaman “Rincian pelamar”. Pada halaman inilah anda dapat “Undang pelamar”, silahkan geser ke bawah hingga menemukan tombol bertuliskan “Undang wawancara”

      • Setelah menekan tombol “Undang wawancara”, anda akan diminta untuk menentukan tanggal wawancara “Atur tanggal”

      • Juga anda akan menentukan waktu wawancara “Atur waktu”

      • Setelah anda menentukan tanggal dan waktu wawancara, selanjutnya “Status undangan” akan berganti

    1. Jika anda sudah “Undang wawancara” dan berniat membatalkan wawancara anda dapat “Batalkan undangan” yang secara otomatis akan memberikan status penolakan kepada pelamar

      • Pada halaman “Rincian pelamar” silahkan anda geser ke bawah sampai menemukan tombol “Batalkan wawancara”

      • Jika setelah dibatalkan, anda berniat undang mengundang kembali. Silahkan geser kebawah hingga menemukan tombol bertuliskan “Batal tolak pelamar” dan selanjutnya anda mengatur tanggal dan waktu wawancara kembali.

    2. Jika anda merasa“Kurang sesuai”, anda dapat menolak pelamar tersebut. Asumsikan anda telah memilki 1 orang pelamar


      • Pada halaman “Rincian pelamar” silahkan anda geser ke bawah hingga menemukan tombol bertuliskan “Kurang sesuai”

      • Setelah menolak pelamar, status undangan akan berganti

Jika anda telah “Undang wawncara” pelamar dan ternyata pelamar meminta di jadwal lain atau dengan kondisi tertentu anda ingin merubah jadwal. Silahkan gunakan fitur “Rubah jadwal undangan”

      • Asusmsikan anda telah melakukan “Undangan wawancara” lalu silahkan menuju halaman “Rincian pelamar”, lalu pada Dari halaman “Rincian pekerjaan” silahkan anda tekan tombol bertuliskan “1 Pelamar yang melamar pada pekerjaan ini”

      • Lalu anda akan langsung masuk ke halaman “Daftar pelamar”, silahkan pilih pelamar yang akan anda undang

      • Setelah memilih pelamar, anda akan masuk ke halaman “Rincian pelamar”. Pada halaman inilah anda dapat “Undang pelamar”, silahkan geser ke bawah hingga menemukan tombol bertuliskan “Undang wawancara”

      • Setelah menekan tombol “Undang wawancara”, anda akan diminta untuk menentukan tanggal wawancara “Atur tanggal”

      • Juga anda akan menentukan waktu wawancara “Atur waktu”

      • Setelah anda menentukan tanggal dan waktu wawancara, selanjutnya “Status undangan” akan berganti

    1. Jika anda sudah “Undang wawancara” dan berniat membatalkan wawancara anda dapat “Batalkan undangan” yang secara otomatis akan memberikan status penolakan kepada pelamar

      • Pada halaman “Rincian pelamar” silahkan anda geser ke bawah sampai menemukan tombol “Batalkan wawancara”

      • Jika setelah dibatalkan, anda berniat undang mengundang kembali. Silahkan geser kebawah hingga menemukan tombol bertuliskan “Batal tolak pelamar” dan selanjutnya anda mengatur tanggal dan waktu wawancara kembali.

    2. Jika anda merasa “Kurang sesuai”, anda dapat menolak pelamar tersebut. Asumsikan anda telah memilki 1 orang pelamar

      • Pada halaman “Rincian pelamar” silahkan anda geser ke bawah hingga menemukan tombol bertuliskan “Kurang sesuai”

      • Setelah menolak pelamar, status undangan akan berganti

      • Jika anda hendak membatalkan penolakan, anda dapat menggeser kembali kebawah hingga menemukan tombol bertuliskan “Batalkan undangan”

Akun” adalah tempat dimana data anda dapat mengganti “username”, “nomor ponsel”, dan “ganti kata sandi”. Untuk menggunakan fitur ini, anda dapat mengikuti langkah dibawah ini:

  1. Merubah data utama “Username” dan “Nomor ponsel
    • pada halaman “Utama” tekan tombol “Profil” di pojok kanan bawah, maka halam anda akan berubah ke halaman “Profil”, lalu tekan tombol dengan tulisan “Akun
    • Pertama, anda harus menekan tombol bertuliskan “Ubah data” supaya form “Username” dan “Nomor ponsel” dapat diubah, lalu silahkan ubah data yang diperlukan
    • Setelah selesai, makan tombol; “Ubah data” akan berubah menjadi bertuliskan “Simpan”, silahkan tekan tombol “Simpan” untuk menyimpan data
  2. Mengganti “Kata sandi
    • Pada halaman “Akun” anda dapat melihat tombol bertuliskan “Ganti kata sandi”, silahkan di tekan
    • Setelah ditekan, anda akan dibawa ke halaman “Ganti kata sandi”, silahkan masukan “Kata sandi lama” dengan kata sandi yang anda gunakan sekarang pada akun anda. jika anda lupa kata sandi lama, silahkan menggunakan fitur “Lupa kata sandi?”. Lalu “Kata sandi baru” yang akan anda gunakan, lalu “Konfirmasi kata sandi
    • Jika sudah terisi semua, maka tombol bertuliskan “Ubah” dapat anda tekan untuk “Ganti kata sandi” anda

Fitur “Bantuan” adalah tempat dimana anda mencari tahu masalah kesulitah mengenai aplikasi anda. Untuk menggunakan fitur ini, pada halaman “Utama” tekan tombol “Profil” di pojok kanan bawah, maka halam anda akan berubah ke halaman “Profil”, lalu tekan tombol dengan tulisan “Bantuan

  1. Melihat “Pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ)
    • Pada halaman “Bantuan” anda dapat menekan tombol “Pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ)
  2. Melihat “Cara penggunaan
    • Pada halaman “Bantuan” anda dapat menekan tombol “Cara penggunaan

Fitur “Tentang” adalah tempat dimana anda mencari tahu tentang Berkarir pada halaman ini terdapat “Kontak”, “Kebijakan privasi”, dan “Ketentuan penggunaan” layanan Berkarir. Cara mengaksesnya adalah pada halaman “Profil” silahkan tekan tombol bertuliskan “Tentang” yang berada pada barisan paling bawah menu “Profil

  1. Melihat “Kontak
    • Pada halaman “Tentang” anda dapat menekan tombol “Kontak
  2. Melihat “Kebijakan privasi
    • Pada halaman “Tentang” anda dapat menekan tombol “Kebijakan privasi
  3. Melihat “Ketentuan penggunaan
    • Pada halaman “Tentang” anda dapat menekan tombol “Ketentuan penggunaan