How To Use

Berkarir


Berkarir dilengkapi dengan 3 metode untuk daftar pengguna yaitu menggunakan :

  1. E-mail
  • Tekan Tombol “Buat Akun
  • Isi data pengguna akun dengan lengkap, lalu tekan tombol “Buat Akun

Penting : Jika ingin mendaftar menggunakan akun @gmail.com sangat disarankan daftar menggunakan “Google”.

  1. Google
  • Jika menggunakan beberapa akun Google pada perangkat anda, secara otomatis anda dapat memilih akun yang anda akan daftarkan.

Penting : Daftar menggunakan akun Google anda dengan ini kami secara otomatis akan mengambil alamat Gmail anda.

  1. Facebook

Penting : Jika anda akan mendaftar akun menggunakan akun Facebook anda, sangat disarankan anda telah mendaftarkan E-mail pada akun Facebook anda.

Sebelum mendaftar kan diri, anda diharuskan menyetujui dengan “Ketentuan penggunaan” (anda dapat melihat halaman Ketentuan penggunaan dengan menyentuh kalimat “Ketentuan penggunaan” berwarna biru) dan “Kebijakan pribadi” (anda dapat melihat halaman Kebijakan pribadi dengan menyentuh kalimat “Kebijakan pribadi” berwarna biru) pada layanan Berkarir dengan  mencentang “Saya setuju dengan Ketentuan penggunaan dan Kebijakan pribadi Berkarir”.

Setelah melakukan “Buat Akun”, selanjutnya dapat “Masuk Akun” kembali menggunakan metode yang sama pada saat melakukan “Buat Akun” :

  1. E-mail
  • Isikan “E-mail/Nomor Ponsel/Username” dan “Kata Sandi” yang anda buat pada saat “Buat Akun
  • Tekan Tombol “Masuk

Penting : Jika lupa dengan “Kata Sandi” dapat mengatur ulang yang akan dijelaskan pada cara penggunaa fitur “Lupa Kata Sandi” pada modul berikutnya.

  1. Google
  • Jika menggunakan beberapa akun Google pada perangkat anda, secara otomatis anda dapat memilih akun yang anda akan daftarkan.

Penting : Masuk menggunakan akun Google anda dengan ini kami secara otomatis akan mengambil alamat Gmail anda.

  1. Facebook

Penting : Masuk menggunakan akun Facebook anda, sangat disarankan anda telah mendaftarkan E-mail pada akun Facebook anda.

Sebelum masuk akun, anda diharuskan menyetujui dengan “Ketentuan penggunaan” (anda dapat melihat halaman Ketentuan penggunaan dengan menyentuh kalimat “Ketentuan penggunaan” berwarna biru) dan “Kebijakan pribadi” (anda dapat melihat halaman Kebijakan pribadi dengan menyentuh kalimat “Kebijakan pribadi” berwarna biru) pada layanan Berkarir dengan  mencentang “Saya setuju dengan Ketentuan penggunaan dan Kebijakan pribadi Berkarir”.

Kami sangat menyarankan untuk anda mengingat atau jika diperlukan menyimpan “Kata sandi” anda demi kenyamanan penggunaan. Tetapi jika anda lupa dengan “Kata sandi” anda, kami menyediakan fitur “Lupa kata sandi”.

Untuk menggunakan fitur “Lupa kata sandi” anda harus memasukan E-mail anda. Silahkan ikuti langkah berikut :

  • Pada Halaman “Masuk” menggunakan “E-mail”, tekan tulisan “Lupa kata sandi anda?”
  • Isikan “E-mail” yang anda gunakan pada saat anda “Buat akun
  • Tekan tombol “Atur ulang kata sandi”, lalu kami akan mengirimkan link kepada E-mail anda untuk mengganti “Kata sandi” lama anda dengan yang baru
  • Pada E-mail anda klik link yang tersedia
  • Setelah anda tekan, link tersebut akan membawa anda ke formulir untuk mengisikan “Kata sandi” baru anda
  • Masukan “Kata sandi” baru anda dengan format harus mengandung Huruf Kecil, Huruf Besar, dan Angka.
  • Jika berhasil, akan ada pesan seperti ini, selanjutnya silahkan “Masuk” kembali dengan menggunakan “Kata sandi” baru anda.

Penting : Jika anda lupa Email anda adan atau lupa kata sandi Email anda, silahkan hubungi “Contact Center” Berkarir yang tertera di www.berkarir.co.id/contact.

Jika anda ingin menyaring pekerjaan sesuai keinginan anda berdasarkan “Posisi” pekerjaan dan atau “Wilayah” Provinsi pekerjaan maka anda dapat menggunakan fitur “Filter Pekerjaan”.

Silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk “Filter Pekerjaan” :

  • Pada halaman utama, tekan tombol “Menu” pada pojok kiri atas
  • Lalu akan terlihat daftar “Menu”, silahkan tekan tombol menu “Filter pekerjaan
  • Anda akan masuk ke halaman “Filter Pekerjaan”, lalu pilih apa yang akan anda saring dengan memilih “Posisi” dan/atau “Wilayah
  • Setelah memilih “Posisi” dan atau “Wilayah”, silahkan tekan tombol “Simpan
  • Anda akan langsung kembali ke halaman “Beranda” dengan data “Pekerjaan tersedia” berdasarkan “Filter Pekerjaan” yang sudah anda tentukan

Penting : Jika data “Pekerjaan tersedia” tidak ditemukan seperti dibawah ini, silahkan kembali ke fitur “Filter Pekerjaan” lalu tekan tombol “Atur ulang

Jika anda ingin menyimpan pekerjaan yang mungkin saat ini anda sedang mempersiapkan diri untuk melamar pekerjaan tersebut, anda dapat menyimpannya terlebih dahulu menggunakan fitur “Simpan pekerjaan”.

Silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk “Simpan pekerjaan” :

  • Pada halaman utama, tekan tombol bentuk “Bintang” kosong
  • Setelah ditekan tombol berbentuk “Bintang” kosong tersebut akan berubah menjadi tombol berbentuk “Bintang” terisi yang menandakan bahwa pekerjaan ini telah tersimpan
  • Anda dapat melihat “Pekerjaan Tersimpan” dengan menekan tombol “Menu” pada halaman utama pojok kiri atas
  • Anda akan melihat daftar “Menu” lalu tekan tombol bertuliskan “Pekerjaan tersimpan
  • Setelah ditekan, anda akan ke halaman “Pekerjaan tersimpan” dimana daftar pekerjaan mana saja yang anda simpan.

Perlu ditekankan bahwa layanan Berkarir tidak pernah memungut biaya apapun dari calon pekerja. Jika pada saat dalam proses perekrutan anda mengalami pemungutan biaya atau penyimpangan lainnya, silahkan gunakan fitur “Laporan penyimpangan” yang nantinya kami akan memproses langsung kepada pihak terkait

Silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk “Laporan Penyimpangan” :

  • Pada halaman utama, tekan tombol “Menu” pada pojok kiri atas
  • Anda akan melihat daftar “Menu” lalu tekan tombol bertuliskan “Laporan penyimpangan
  • Anda akan masuk pada halaman “Laporan penyimpangan”, lalu isikan bagaimana kronologinya, jika anda memiliki barang bukti seperti foto atau tangkapan layar dll silahkan tekan tulisan “Berkas bukti (Pilihan)
  • Setelah selesai silahkan tekan tombol “Kirim laporan” untuk mengirim laporan kepada tim Berkarir untuk kami proses selanjutnya

Berkarir menyediakan 2 bahasa aplikasi yaitu “Indonesia” dan “English”. Juga Berkarir menyediakan fitur untuk pengingat rekomendasi pekerjaan harian yang cocok dengan anda.

Untuk mengaktifkannya keduafitur ini, silahkan ikutin langkah dibawah ini :

  1. Mengganti Bahasa aplikasi
  • Pada halaman utama, tekan tombol “Menu” pada pojok kiri atas
  • Anda akan melihat daftar “Menu” lalu tekan tombol bertuliskan “Pengaturan
  • Anda akan masuk pada halaman “Pengaturan”, lalu klik pada baris “Bahasa
  • Silahkan pilih bahasa yang akan anda gunakan pada aplikasi Berkarir
  • Setelah memilih “Bahasa” akan muncul tombol “Simpan” dibawah baris “Bahasa”, silahkan tekan tombol “Simpan” untuk melakukan perubahan “Bahasa” sesuai dengan yang anda pilih
  1. Mengaktifkan atau Menonaktifkan fitur pemberitahuan rekomendasi pekerjaan
  • Masih pada halaman “Pengaturan”, dibawah baris tulisan “Umum” ada baris tulisan “Pemberitahuan
  • Untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya silahkan tekan atau geser slider “Pemberitahuan rekomendasi pekerjaan harian

Obrolan” atau yang biasa kita sebut chatting adalah salah satu fitur unggulan Berkarir dimana jika anda memiliki pertanyaan – pertanyaan kecil tentang perusahaan atau persiapan wawancara anda dapat langsung mempertanyakannya melalui “Obrolan”.

Untuk menggunakan fitur ini anda diwajibkan mngisi data diri terlebih dahulu, mulai dari data Pribadi utama, data kelebihan dan kekurangan minimal masing – masing tiga, dan mengunggah foto profil anda

  1. Berikut adalah peringatan yang akan keluar jika anda belum memenuhi syarat untuk menggunakan fitur “Obrolan
  • Anda belum mengisi data “Pribadi” pada halaman “Ubah Data”, silahkan tekan tombol lengkapi untuk melengkapi
  • Anda belum mengisi data “Foto Profil” pada halaman “Akun”, silahkan tekan tombol lengkapi untuk melengkapi
  • Anda belum mengisi data “Kelebihan & Kekuarang” minimal masing - masing tiga data pada halaman “Ubah Data”, silahkan tekan tombol lengkapi untuk melengkapi
  • Setalah semua biodata pengguna terlengkapi pilih tompbol “Simpan
  1. Setelah anda melengkapi syarat kelengkapan data diatas, maka anda dapat menekan menggunakan fitur “Obrolan
  • Pada halaman utama silahkan pilih “Pekerjaan tersedia” lalu pada “Detail pekerjaan” anda dapat menekan tombol berbentuk “Obrolan” di bawah pojok kanan
  • Setelah menekan tombol tersebut anda akan pindah ke halaman “Ruang Obrolan” dengan perusahaan tersebut.
  • Jangan lupa untuk memberi salah terlebih dahulu, lalu tekan tombol panah ke arah kanan dipojok kanan bawah setelah anda selesai mengetik

Pekerjaan saya” adalah tempat dimana pekerjaan yang telah anda “Lamar pekerjaan” tersimpan, terdapat tiga tab pada halaman ini, yaitu “Pekerjaan dilamar”, “Undangan pekerjaan”, dan “Pekerjaan tidak sesuai”. Untuk menggunakan fitur ini silahkan ikuti langkah dibawah ini :

  1. Pada saat anda “Lamar pekerjaan”, secara otomatis pekerjaan tersebut akan tersimpan di tab “Pekerjaan dilamar”, silahkan mengikuti langkah dibawah ini
  • Pada halaman “Utama” silahkan anda menekan tombol “Pekerjaan” yang berada di bawah logo berbentuk “Catatan
  • Tab pertama adalah “Pekerjaan dilamar”, tempat dimana daftar pekerjaan yang telah anda “Lamar pekerjaan
  1. Tab “Undangan pekerjaan” adalah daftar pekerjaan yang telah anda “Lamar pekerjaan” dan telah menerima jawaban “Undangan pekerjaan” oleh pihak perusahaan.
  • Pada halaman “Pekerjaan saya” silahkan geser ke kiri ke tab “Undangan pekerjaan
  1. Tab “Pekerjaan tidak sesuai” sama hal nya dengan “Undangan pekerjaan” hanya pada tab ini perusahan menjawab bahwa anda kurang cocok dengan pekerjaan yang anda “Lamar pekerjaan” nya.
  • Dari tab “Undangan pekerjaan” anda dapat menggeser ke kiri ke tab “Pekerjaan tidak sesuai

Lamar pekerjaan” adalah fitur utama pada aplikasi Berkarir dimana proses “Lamar pekerjaan” sama seperti proses melamar pekerjaan pada umumnya. Bedanya pada aplikasi Berkarir adalah proses “Lamar pekerjaan” dibuat menjadi lebih Digital. Untuk melakukan “Lamar pekerjaan” anda dapat memulainya dengan mencari pekerjaan yang sesuai dengan anda. Berikut ini ada penjelasa proses “Lamar pekerjaan” pada aplikasi Berkarir.

  1. Sebelum melanjutkan, proses “Lamar pekerjaan” dapat dilakukan jika data anda sudah lengkap sama seperti anda akan menggunakan fitur “Obrolan”. Jika sudah lengkap, anda dapat menggunakan fitur “Lamar pekerjaan
    • Cari pekerjaan yang sesuai dengan kriteria anda, lalu tekan pekerjaan tersebut yang nantinya akan membawa anda ke halaman “Rincian pekerjaan”, lalu tekan tombol “Lamar”
    • Setelah anda melamar, akan muncul status lamaran anda pada tab “Rincian status
    • Setelah melamar, silahkan tunggu konfirmasi dari pihak perusahaan
  2. Perusahaan mengundang anda untuk wawancara
    • Pada halaman “Rincian status” akan terlihat detail pelaksanaan wawancara mulai dari tanggal, jam, dan alamat pelaksanaan
    • Setelah melihat “Rincian status” undangan wawancara, maka anda diharapkan mengkonfirmasi kehadiran tersebut
    • Jika anda dapat hadir pada pelaksanaan tersebut, maka silahkan tekan tombol “Hadir”
    • Jika anda tidak dapat hadir pada pelaksanaan tersebut, Penting : maka silahkan anda gunakan fitur “Obrolan” untuk membicarakan tentang undangan ini dengan pihak perusahaan. Dengan pilihan perusahaan dapat mengganti jadwal atau tidak, jika Ya maka jadwal akan dirubah oleh pihak perusahaan, tapi jika Tidak maka anda dapat menekan tekan tombol “Tidak dapat hadir
  3. Perusahaan merasa anda belum cocok dengan pekerjaan yang anda lamar
    • Jika perusahaan merasa anda belum cocok dengan anda, maka pada tab “Rincian status” akan memberitahu anda

Akun” adalah tempat dimana data anda dapat mengganti “username”, “nomor ponsel”, dan “ganti kata sandi”. Untuk menggunakan fitur ini, anda dapat mengikuti langkah dibawah ini:

  1. Merubah data utama “Username” dan “Nomor ponsel
    • pada halaman “Utama” tekan tombol “Profil” di pojok kanan bawah, maka halam anda akan berubah ke halaman “Profil”, lalu tekan tombol dengan tulisan “Akun
    • Pertama, anda harus menekan tombol bertuliskan “Ubah data” supaya form “Username” dan “Nomor ponsel” dapat diubah, lalu silahkan ubah data yang diperlukan
    • Setelah selesai, makan tombol; “Ubah data” akan berubah menjadi bertuliskan “Simpan”, silahkan tekan tombol “Simpan” untuk menyimpan data
  2. Mengganti “Kata sandi
    • Pada halaman “Akun” anda dapat melihat tombol bertuliskan “Ganti kata sandi”, silahkan di tekan
    • Setelah ditekan, anda akan dibawa ke halaman “Ganti kata sandi”, silahkan masukan “Kata sandi lama” dengan kata sandi yang anda gunakan sekarang pada akun anda. jika anda lupa kata sandi lama, silahkan menggunakan fitur “Lupa kata sandi?”. Lalu “Kata sandi baru” yang akan anda gunakan, lalu “Konfirmasi kata sandi
    • Jika sudah terisi semua, maka tombol bertuliskan “Ubah” dapat anda tekan untuk “Ganti kata sandi” anda

Ubah data” adalah tempat dimana data anda dapat merubah “Data pribadi”, “Pengalaman/Pendidikan”, “Kemampuan/Minat posisi”, dan “Kelebihan/Kekurangan”. Untuk menggunakan fitur ini, pada halaman “Utama” tekan tombol “Profil” di pojok kanan bawah, maka halam anda akan berubah ke halaman “Profil”, lalu tekan tombol dengan tulisan “Ubah data

  1. Merubah data “Pribadi
    • pada halaman “Ubah data” tab pertama adalah tab “Pribadi”, silahkan isikan data. Untuk petunjuk pengisian data, anda dapat menampilkan ataupun menyembunyikannya dengan mencentang “Muncul/sembunyikan petunjuk” yang berada di pojok kanan atas
    • Setelah mengisi data, anda dapat menyimpan nya dengan menekan tombol “Simpan” yang berada di paling bawah halaman “Pribadi
  2. Merubah data “Pengalaman
    • Dari tab “Pribadi” silahkan geser ke kiri atau tekan tab bertuliskan “Pengalaman”. Data “Pengalaman” memiliki 2 kategori data, yaitu “Pengalaman” dan “Pendidikan”. Jika anda belum memiliki “Pengalaman” anda dapat mencentang “Saya belum memiliki pengalaman pekerjaan”. Lalu anda dapat hanya mengisikan data “Pendidikan” saja
  3. Merubah dan atau menambah data “Kemampuan
    • Pada tab “Kemampuan” terdapat dua kategori yaitu “Kemampuan” dan “Minat posisi”. Untuk menambahkan data “Kemampuan” silahkan tekan tombol bertuliskan “Tambah kemampuan”
    • Untuk menambah data “Minat posisi” silahkan tekan tombol bertuliskan “Tambah minat posisi”
    • Berbeda dengan tab “Pribadi” dan “Pengalaman”, pada tab “Kemamampuan” anda tidak perlu menekan tombol “Simpan” karena data akan tersimpan otomatis pada saat anda menekan tombol “Tambah kemampuan” dan/atau “Tambah minat posisi
    • Jika data yang anda inginkan belum terdaftar maka anda dapat menambahkannya dengan cara tekan tombol “Tambah baru
  4. Merubah dan atau menambah data “Kelebihan
    • Pada tab “Kelebihan” memiliki dua kategori yaitu “Kelebihan” dan “Kekurangan”, dan untuk cara pengisian data sama seperti pada tab “Kemampuan

Fitur “Bantuan” adalah tempat dimana anda mencari tahu masalah kesulitah mengenai aplikasi anda. Untuk menggunakan fitur ini, pada halaman “Utama” tekan tombol “Profil” di pojok kanan bawah, maka halam anda akan berubah ke halaman “Profil”, lalu tekan tombol dengan tulisan “Bantuan

  1. Melihat “Pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ)
    • Pada halaman “Bantuan” anda dapat menekan tombol “Pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ)
  2. Melihat “Cara penggunaan
    • Pada halaman “Bantuan” anda dapat menekan tombol “Cara penggunaan

Fitur “Tentang” adalah tempat dimana anda mencari tahu tentang Berkarir pada halaman ini terdapat “Kontak”, “Kebijakan privasi”, dan “Ketentuan penggunaan” layanan Berkarir. Cara mengaksesnya adalah pada halaman “Profil” silahkan tekan tombol bertuliskan “Tentang” yang berada pada barisan paling bawah menu “Profil

  1. Melihat “Kontak
    • Pada halaman “Tentang” anda dapat menekan tombol “Kontak
  2. Melihat “Kebijakan privasi
    • Pada halaman “Tentang” anda dapat menekan tombol “Kebijakan privasi
  3. Melihat “Ketentuan penggunaan
    • Pada halaman “Tentang” anda dapat menekan tombol “Ketentuan penggunaan